Perbandingan e-SIM dan SIM Card Serta Penggunaan e-SIM di Indonesia




Selama ini kita mengenal SIM Card adalah barang kecil yang biasa digunakan dan diselipkan ke dalam smartphone kita. SIM Card adalah Kartu yang mempunyai logam konduktor di bagian tengahnya dan harus diselipkan ke dalam smartphone agar SIM Card ini bisa berfungsi dengan baik. Pada awalnya kita mengenal hanya satu jenis SIM Card yaitu yang berukuran normal (Full-sized SIM Card), namun seiring waktu berjalan, mulai muncullah Mini SIM Card, SIM Card micro dan saat ini yang banyak digunakan adalah SIM Card nano

SIm Card

Sim Card

Setelah era SIM Card, saat ini mulai muncul teknologi baru yaitu e-SIM. e-SIM adalah SIM Card virtual yang secara langsung telah ditanam di dalam smartphone dan tidak bisa dilepas. Teknologi ini tidak hanya bisa digunakan di smartphone, tapi juga bisa digunakan pada Laptop, PC, GPS Tracker dan lainnya.

elektronik sim

elektronik sim

Cara Kerja e-SIM

Pada dasarnya cara kerja dari e-SIM itu sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan SIM Card yang biasa digunakan dan tetap bisa dipakai untuk kebutuhan yang sama seperti SIM Card pada umumnya, namun yang membedakan antara e-SIM dan SIM Card biasa adalah bagaimana cara mengaktifkan dan cara untuk berganti operator.

Pada SIM Card biasa yang selama ini kita kenal, kita harus membeli SIM Card baru dari operator yang telah kita pilih, lalu kita meregistrasi SIM Card tersebut agar dapat menggunakannya. Tapi untuk e-SIM, kita bisa berpindah dari satu operator ke operator lainnya tanpa harus mengganti kartu. Selain itu kita juga tidak perlu khawatir akan kehilangan kartu tersebut. Teknologi ini diciptakan dengan sangat fleksibel dan juga mudah untuk digunakan. Penggunanya hanya perlu mendaftarkan ke operator apa yang diinginkan hanya dengan menggunakan software.

Dengan menggunakan teknologi ini, para pengguna juga dapat beralih ke jaringan lain ketika sedang berada di luar negeri, jadi tidak perlu pusing karena biaya roaming yang sangat tinggi.

Kelebihan e-SIM

1. Mudah untuk berganti operator

Kamu bisa mengganti operator yang satu dengan operator yang lainnya tanpa perlu mengganti kartu seperti yang biasa dilakukan, cukup hanya menggunakan software saja.

2. Menghindari biaya roaming yang tinggi

Ketika kamu sedang bepergian ke luar negeri, teknologi e-SIM ini dapat memberikan kamu kemudahan untuk beralih ke operator lokal sehingga penggunanya tidak perlu lagi khawatir dengan biaya roaming yang tinggi.

3. Berbagi paket data

Dengan hanya satu paket data saja, kamu bisa menggunakannya untuk beberapa device, mulai dari smartphone, smartwatch, tablet dan lainnya.

4. Merangsang inovasi tipe dan fleksibilitas paket data

Dengan munculnya teknologi e-SIM ini, para penyedia layanan telekomunikasi akan semakin berlomba menyediakan paket yang lebih menguntungkan untuk para penggunanya.

5. Menghemat uang

Dengan menggunakan teknologi e-SIM ini, penggunaan paket data yang ditawarkan akan lebih hemat dibandingkan dengan paket data yang ada saat ini. Selain itu, untuk berpindah dari satu paket ke paket dari penyedia layanan lainnya akan menjadi sangat mudah.

6. Smartphone akan menjadi lebih kecil dan ringan

Dengan dicabutnya slot untuk kartu SIM, maka sangat memungkinkan kalau ukuran perangkat smartphone akan menjadi lebih kecil dan ringan dari sebelumnya. Bahkan untuk smartwatch juga sangat memungkinkan untuk diinovasikan lagi baik dari segi bentuk dan juga ukurannya.

Kelemahan e-SIM

1. Belum banyak smartphone yang mendukung teknologi e-SIM

Karena teknologi ini masih terbilang baru, sampai saat ini masih belum banyak smartphone yang bisa menggunakan teknologi ini. Salah satu perangkat yang sudah menggunakan teknologi ini adalah GPS Tracker SUPERSPRING VT-20 .

2. Penyedia Layanan Telekomunikasi Masih Banyak yang Belum Setuju Dengan e-SIMTidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran teknologi e-SIM ini menjadi sebuah ancaman bagi industri penyedia layanan telekomunikasi, karena kehadiran e-SIM ini bisa membuat teknologi SIM Card yang selama ini kita kenal akan menjadi punah dan tidak dipakai lagi. 

Penggunaan e-SIM Pada GPS Tracker di Indonesia

Selain e-SIM yang digunakan pada iPhone XS, XS MAx, dan XR, ternyata saat ini sudah ada produk Indonesia yang sudah menggunakan teknologi e-SIM yaitu GPS Tracker SUPERSPRING VT-20 yang bekerjasama dengan Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi.

SuperSpring VT20

sumber : tribunnews

GPS Tracker SUPERSPRING VT-20 sendiri adalah alat untuk melacak posisi kendaraan yang memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan juga didukung dengan sinyal GSM dan GPS yang stabil.

GPS Tracker SUPERSPRING VT-20 mempunyai fitur berteknologi tinggi yang bisa digunakan untuk :

1. Melacak posisi kendaraan

2. Mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh

Selain itu, GPS Tracker SUPERSPRING VT-20 juga bisa menampilkan data-data detil dari kendaraan tersebut, mulai dari:

1. Map lokasi kendaraan

2. Alamat lokasi kendaraan

3. Kecepatan penggunaan kendaraan

4. Penggunaan bahan bakar kendaraan

5. Kapan kendaraan berhenti, parkir dan berjalan

6. dan masih banyak lagi data yang bisa didapatkan.

GPS Tracker