Tips Perawatan Mesin Mobil yang Bisa Dilakukan Sendiri




Ibarat manusia, mesin mobil adalah jantung dari kendaraan yang harus dijaga dan selalu diperhatikan perawatannya. Untuk menjaga agar performa kendaraan tetap optimal, mesin mobil harus dirawat secara berkala. Untuk perawatan kendaraan itu sendiri tentu dibutuhkan waktu dan juga biaya, tapi kita juga harus tau kalau sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan sendiri untuk merawat mesin mobil kita.

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan mesin mobil yang bisa dilakukan sendiri.

Rajin Ganti Oli Secara Berkala

Untuk mendapatkan kondisi mobil yang selalu prima, kita harus selalu memastikan oli mobil kita dalam keadaan baik. Cara yang bisa dilakukan adalah rajin mengganti oli mobil secara berkala sesuai dengan ketentuan dari masing-masing mobil tersebut. Ketentuan masing-masing mobil tentu berbeda, mulai dari jenis oli hingga jarak tempuh kendaraan.

Rajin Cek Kondisi Radiator

Radiator mempunyai peranan yang tentunya sangatlah penting untuk menjaga agar suhu mesin tidak panas yang nantinya akan menyebabkan overheating. Dalam hal ini air radiator atau coolant mempunyai peran penting untuk menjaga mesin agar tidak cepat panas. Oleh karena itu kita harus selalu cek kondisi radiator dari kebocoran.

Cek Kondisi Filter Saringan Karburasi

Sering kita temukan mobil susah dihidupkan, jika terjadi kondisi tersebut, cobalah untuk melakukan pengecekan pada saringan filter karburasi karena kemungkinan terbesar dari kondisi mobil yang sulit dihidupkan adalah filter yang kotor sehingga harus dibersihkan.

Untuk membersihkan filter tersebut juga cukup mudah, cukup gunakan sikat gigi bekas dan digosokkan secara perlahan agar kotoran dan juga kerak yang menempel pada saringan tersebut terangkat. Jangan pernah meniup saringan dengan menggunakan kompresor atau hairdryer karena nantinya bisa mengakibatkan kerusakan.

Buang Kerak-kerak Kotoran yang Menempel Pada Mesin

Untuk mobil yang jarang atau bahkan tidak pernah diberikan perawatan mesin, umumnya akan muncul kerak yang menempel pada mesin mobil. Untuk itu harus diusahakan agar membuang kerak kotoran dari mesin mobil dengan cara menginjak pedal gas lebih dalam dari biasanya. Dengan cara itu bisa membuat kerak pada mesin menjadi rontok dan akhirnya kerak tersebut keluar lewat knalpot kendaraan.

Itulah beberapa tips perawatan mobil yang bisa dilakukan sendiri. Semogan bisa bermanfaat

GPS Tracker